UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CROSSWORD PUZZLE

Yuliana Yuliana,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa ranah kognitif dan ranah afektif kelas
IV SD Sekarsuli dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitiatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas
IV. Selama proses pembelajaran siswa lebih terlibat aktif dan berminat. Skor rata-rata hasil belajar IPS ranah
kognitif pada pra tindakan sebesar 54,25 meningkat sebesar 20,93 menjadi 75,18 pada siklus I dan meningkat lagi
sebesar 6,35 menjadi 81,53 pada siklus II. Skor rata-rata kelas ranah afektif setelah dilakukan siklus II yaitu 33,84
dengan kategori “Sangat Baik” dan pada lima aspek yang diobservasi mempunyai kriteria ≤ “Baik”.
Kata kunci: crossword puzzle, hasil belajar IPS
Abstract
This research aims at improving students’ cognitive and affective achievement in social studies at 4th grade
SD Sekarsuli through the active learning strategies crossword puzzle type. The kind of this research was class
action research by Kemmis & McTaggart model. The collecting data method was using test, observation, and
documentation. The data analyzed was using quantative descriptive. The result shows that implementation of
crossword puzzle can improve 4th grade students’ achievement.. The cognitive social studies average score in preaction
is 54.25 and in cycle I improves from 20.93 to 75.18 and improves again 6.35 becomes 81.53 at cycle II.
The affective average score after cycle II is 33.84 which is “very good” category and for five aspects that observed
the category is < “good”.
Key Words: crossword puzzle, social studies learning result

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.