PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MEDIA VCD FILM KARTUN SISWA KELAS V SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media VCD film kartun pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sitiadi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media VCD film kartun dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan narasi. Proses pembelajaran menulis menunjukkan keaktifan, antusias, dan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siklus I sebesar 10,12, yang kondisi awal 59,13 meningkat menjadi 69,25 dan pada siklus II sebesar 17,91, yang kondisi awal 59,13 meningkat menjadi 77,04.
Kata kunci: keterampilan menulis, karangan narasi, media VCD film kartun, Sekolah Dasar
Abstract
This research aims at improving the learning process and outcome of narrative essay writing skills using VCD cartoons movie media of fifth grade students at SD Negeri 1 Sitiadi. This was Classroom Action Research (PTK). The subjects were fifth grade students. The research design used Kemmis and Mc. Taggart model. Data collection methods used test, observation, and documentation. Data analysis techniques used descriptive statistics. The results shows that the use of VCD Cartoons movie media can enhance the learning process and narrative essay writing skills. The process of learning to write shows liveliness, enthusiasm and attention to students in learning following the increase. Increased narrative essay writing skills in the first cycle of 10.12, the initial conditions 59,13 rose to 69.25 and in the second cycle of 17.91, the initial conditions 59,13 rose to 77.04.
Keywords: writing, narrative essay, VCD cartoons movie media, Elementary School
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media VCD film kartun pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sitiadi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media VCD film kartun dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan narasi. Proses pembelajaran menulis menunjukkan keaktifan, antusias, dan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siklus I sebesar 10,12, yang kondisi awal 59,13 meningkat menjadi 69,25 dan pada siklus II sebesar 17,91, yang kondisi awal 59,13 meningkat menjadi 77,04.
Kata kunci: keterampilan menulis, karangan narasi, media VCD film kartun, Sekolah Dasar
Abstract
This research aims at improving the learning process and outcome of narrative essay writing skills using VCD cartoons movie media of fifth grade students at SD Negeri 1 Sitiadi. This was Classroom Action Research (PTK). The subjects were fifth grade students. The research design used Kemmis and Mc. Taggart model. Data collection methods used test, observation, and documentation. Data analysis techniques used descriptive statistics. The results shows that the use of VCD Cartoons movie media can enhance the learning process and narrative essay writing skills. The process of learning to write shows liveliness, enthusiasm and attention to students in learning following the increase. Increased narrative essay writing skills in the first cycle of 10.12, the initial conditions 59,13 rose to 69.25 and in the second cycle of 17.91, the initial conditions 59,13 rose to 77.04.
Keywords: writing, narrative essay, VCD cartoons movie media, Elementary School
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.