HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS IV SDN SE-KECAMATAN BAMBANGLIPURO BANTUL

Suhendra Taufiq,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dengan interaksi sosial siswa kelas IV. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah korelasi. Sampel penelitian sebanyak 172 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji linieritas. Uji normalitas variabel X dan Y masing-masing memperoleh nilai skewness sebesar -0,313 dan -0,191, nilai tersebut terletak diantara -1 dan +1, sehingga sebaran data dinyatakan normal. Uji linieritas diperoleh nilai p > 0,05 (1,070 > 0,05) sehingga dinyatakan linier. Uji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dengan interaksi sosial siswa kelas IV. Hal tersebut ditunjukkan dengan harga rhitung lebih besar daripada rtabel dengan N= 172 pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,452 > 0,148 dan nilai sig sebesar 0,000 (0,000 < 0,050) sehingga dinyatakan signifikan.
Kata Kunci: komunikasi interpersonal, interaksi sosial, siswa kelas IV.
Abstract
This research aims to find out the correlation between interpersonal communication and social interaction of the 4th grade students. This research was a correlation research that used quantitative approach. The sample were 172 students. The data collection method used psychology scale. Content validity and reliablity were used as the instrument test validation. The assumption tests used in this research were normality test and linearity test. Each of X and Y variable got skewness value -0,313 and -0,191 in normality test. Those values were located between -1 and +1, so it can be said that the data distribution was normal. From linearity test, it got the value of p > 0,05 (1,070 > 0,05), so it meant that the correlation was linear. The hypothesis test used product moment correlation technique. The research’s result shows that there is positive and significant correlation between interpersonal communication and social interaction of IV grade students. It’s proved by the value of rcount that’s larger than the rtable with N= 172 in 5% significance stage that’s 0,452 > 0,148 with the sig value 0,000 (0,000 < 0,050), so that it’s significant.
Keywords: interpersonal communication, social interaction, IV grade students.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.