PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER DRUM BAND
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler drum band di SD Negeri Kotagede 5 yang berkaitan dengan nilai disiplin dan tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator ekstrakurikuler drum band, pelatih kegiatan ekstrakurikuler drum band, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan nilai karakter yang perlu diterapkan adalah jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, dan kerjasama. Pelatih melaksanakan perencanaan dengan peraturan yang harus ditaati oleh siswa. Nilai disiplin sudah tercermin saat penelitian antara lain pelatih dan siswa sudah disiplin dalam waktu dan mentaati peraturan. Terkait disiplin sikap, selama kegiatan sudah terlaksana. Sedangkan nilai tanggung jawab pelatih dan siswa sudah dijalankan berupa bertanggung jawab dalam bertindak, memenuhi kewajiban, dan dapat dipercaya. Pelatih selalu melaksanakan evaluasi musik, gerakan dan evaluasi sikap
Kata kunci: pendidikan karakter, nilai disiplin, nilai tanggung jawab, kegiatan ekstrakurikuler drum band, sekolah dasar
Abstract
This research aims to describe the implementation of character education in the subjects of drum band extracurricular activities in Kotagede 5 Elementary School relating to the value of discipline and responsibility values. The type of this research was descriptive qualitative’s study. The subjects involved was headmaster, coordinator of extracurricular drum band, drum band coach extracurricular and students. Data collecting techniques used observation, interviews, and documentation. Data analysis used data reduction, display, and conclusion. The research shows that value need to be applied are honesty, discipline, responsibility, and hard work. The coach has been carrying out planning some rules to helding the students. The value of discipline and responsibility that seen during the researchs include students and coachs. Evaluation of character education performing by coachs, the evaluation of music, movement and evaluation of attitude.
Keywords: character education, discipline value, responsibility value, drum band extracurricular activities, Elementary School
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler drum band di SD Negeri Kotagede 5 yang berkaitan dengan nilai disiplin dan tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator ekstrakurikuler drum band, pelatih kegiatan ekstrakurikuler drum band, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan nilai karakter yang perlu diterapkan adalah jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, dan kerjasama. Pelatih melaksanakan perencanaan dengan peraturan yang harus ditaati oleh siswa. Nilai disiplin sudah tercermin saat penelitian antara lain pelatih dan siswa sudah disiplin dalam waktu dan mentaati peraturan. Terkait disiplin sikap, selama kegiatan sudah terlaksana. Sedangkan nilai tanggung jawab pelatih dan siswa sudah dijalankan berupa bertanggung jawab dalam bertindak, memenuhi kewajiban, dan dapat dipercaya. Pelatih selalu melaksanakan evaluasi musik, gerakan dan evaluasi sikap
Kata kunci: pendidikan karakter, nilai disiplin, nilai tanggung jawab, kegiatan ekstrakurikuler drum band, sekolah dasar
Abstract
This research aims to describe the implementation of character education in the subjects of drum band extracurricular activities in Kotagede 5 Elementary School relating to the value of discipline and responsibility values. The type of this research was descriptive qualitative’s study. The subjects involved was headmaster, coordinator of extracurricular drum band, drum band coach extracurricular and students. Data collecting techniques used observation, interviews, and documentation. Data analysis used data reduction, display, and conclusion. The research shows that value need to be applied are honesty, discipline, responsibility, and hard work. The coach has been carrying out planning some rules to helding the students. The value of discipline and responsibility that seen during the researchs include students and coachs. Evaluation of character education performing by coachs, the evaluation of music, movement and evaluation of attitude.
Keywords: character education, discipline value, responsibility value, drum band extracurricular activities, Elementary School
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.