LAYANAN AKOMODASI GURU DALAM PEMBELAJARAN UNTUK SISWA LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DI KELAS V

Anna Sylvia Dian Wijaya,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan layanan akomodasi oleh guru dalam pembelajaran untuk siswa slow learner di kelas VA SD Negeri Tamansari I. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas VA. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas VA sudah memberikan layanan akomodasi dalam pembelajaran sebagian besar di aspek cara pengajaran dan materi. Aspek lingkungan belajar guru sudah menempatkan slow learner di barisan terdepan, melakukan rotasi, dan memberikan umpan balik secara lisan. Aspek tugas dan penilaian menunjukkan tidak tampak pembedaan porsi tugas. Dalam tuntutan waktu, guru memberikan perpanjangan dalam pengerjaan tugas. Tidak ada kebijakan pemberian waktu khusus untuk siswa slow learner dalam pengerjaan tes.
Kata kunci: slow learner, layanan akomodasi pembelajaran


Abstract
This research aims at describing an accommodation service in learning for slow learner in grade VA in SDN Tamansari I. The type of this research was descriptive qualitative’s study. The subject involved was teacher in grade VA. Data collecting techniques used observation, interview, and documentation. Data analysis used data reduction, display, and conclusion. The validity were achieved by doing triangulation in resources and thecnique. The research shows that teacher in grade VA give more learning accommodation service both in the way teaching-packaging materias and learning environment. There were no significant difference in tasking, evaluating, and timing requirement among students.
Keywords: slow learner, learning accommodation service


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.