PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA OLEH GURU KELAS VI SD

Azkia Mafaza,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian portofolio dalam mata pelajaran bahasa Indonesia oleh guru kelas VI A SD Negeri Golo, Yogyakarta meliputi: isi portofolio, kriteria penilaian isi portofolio, format penilaian isi portofolio, teknik penilaian dan bentuk penyajian portofolio. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif, subjek penelitian guru kelas VI A SD Negeri Golo Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi portofolio yang dikembangkan berisi tugas harian siswa dan satu ulangan mingguan siswa, materi tugas tersebut sama dengan materi dalam silabus. Guru tidak mengembangkan kriteria dan format penilaian isi portofolio, karena terbatasnya waktu yang dimiliki guru. Teknik penilaian yang dikembangkan guru yaitu tertulis dan lisan dan telah sesuai dengan kompetensi dasar yang ditentukan. Guru menyajiakn portofolio dalam bentuk archifal portofolio.

Kata kunci: Penilaian portofolio, Bahasa Indonesia

Abstract

This research aimed to describe the implementation of portfolio assessment in bahasa by 6th grade teacher include: portofolio’s contens, assessment criteria, format assessment, technique assessment, and presentation of portofolio. The type of research used descriptive qualitative study which the subject  was 6th grade teacher.  The data were collected through observation, interview, and document. This research applied descriptive qualitative method as the technique data analysis which included data reduction, display, and conclusion. The data were validated using technique triangulation. The results showed that developed contents of the portfolio contains daily tasks and one weekly remidial. Teacher did not develop the assessment criteria and format assessment . Developed technique assessment was written and oral. Portofolio was presented in the form of archifal portofolio.

Keywords: portfolio assessment, bahasa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.