PENGARUH PENERAPAN TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 2 SABRANGLOR

Riesa Dewi Setianingrum,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N 2 Sabranglor Trucuk Klaten. Penelitian ini adalah Quasi
Experimental. Populasi dalam penelitian sebanyak 21 pada SD N 2 Sabranglor dan 20 siswa pada SD N 1
Sabranglor. Instrumen yang digunakan berupa soal dan lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini
menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N 2 Sabranglor Trucuk Klaten. Hal
tersebut dibuktikan dengan hasil selisih mean pretest-posttest kelompok eksperimen sebesar 20,95 dan mean
pretest-posttest kelompok kontrol sebesar 16,60.
Kata Kunci : model pembelajaran jigsaw, hasil belajar, ips
Abstract
This research aims at determining the influence of the jigsaw type to social studies learning achievement in
grade IV SD N 2 Sabranglor. This was a Quasi Experimental study. This research was populatif with the number of
the population totaling 21 students of SD N 2 Sabranglor and 20 students of SD N 1 Sabranglor. The research
instruments were used in this research in the form of tests and observation sheets.The data analysis used
quantitative descriptive.The result of this research shows there are an influence of the Jigsaw type to social studies
learning achievement in grade IV SD N 2 Sabranglor Trucuk Klaten. This is evidenced by the results of the
difference mean pretest-posttest group experiments of 20,95 and mean pretest-posstest a contrl group of 16,60.
Keywords : learning jigsaw models, learning achievement, social studies

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.