FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV B SD

Maradona Maradona,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan
belajar siswa kelas IV B SD Negeri Tegalpanggung, Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi keaktifan belajar
siswa kelas IV B adalah (1) faktor fisiologis yaitu keadaan fisik (pancaindra) dan jasmani, (2) faktor
psikologis yaitu perhatian, ingatan, dan tanggapan. Faktor eksternal yang mempengaruhi keaktifan belajar
siswa kelas IV B adalah (1) faktor sosial yaitu guru dan teman sebaya, (2) faktor nonsosial yaitu tempat
dan fasilitas. Adapun faktor dominan yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa kelas IV B adalah
faktor psikologis siswa.
Kata kunci: faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar, sekolah dasar
ABSTRACT
This study aims to describe the factors that influence student’s learning activeness of fourth grade
B SD N Tegalpanggung, Yogyakarta in academic year 2015/2016. This research was qualitative
descriptive type. The subjects were students of class IV B. Data collection method used observation and
interviews. Data analysis techniques used data reduction, data presentation, and conclusion. Technique
authenticity of data used triangulation sources and techniques. The results show that internal factors
which influence the student’s activity of fourth grade B are (1) physiological factors, such as the physical
state (senses) and physical, (2) psychological factors, such as attention, memory, and response. External
factors that affect student’s learning activeness fourth grade B are (1) social factors, such as teachers
and peers, (2) nonsocial factors such as place and facilities. Then, the dominan factor that affect of the
student’s learning activeness in fourth B is student’s psychological factors.
Keywords: factors that affect learning activeness, elementary school

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.