PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL GUIDED WRITING

Oktavia Evi Candraningrum,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan model guided writing siswa kelas V SDN Minomartani 6 Ngaglik Sleman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model guided writing dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan proses keterampilan menulis karangan. Peningkatan keterampilan menulis karangan pada siswa juga ditandai dengan meningkatnya hasil nilai keterampilan menulis karangan. Peningkatan rata-rata keterampilan menulis tersebut yaitu pada kondisi awal sebesar 54,16 meningkat menjadi 61,71 (meningkat 7,55) pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 71,98 (meningkat 10,27) pada siklus II.

Kata kunci: keterampilan menulis, model guided writing.

Abstract

This research is aimed to improve writing essay descriptions by using guided writing model in the fifth grade students of SDN Minomartani 6 Ngaglik Sleman. This research used  collaborarive classroom action research. The subjects were 32 fifth grade students. The object of this study was essay writing skills. The data collection techniques were test and observation. The technique of analyzing data used quantitative and qualitative desccriptive. The result show that by using guided writing model could improve the process of student writing essay. The improvement of writing short essay was also indicated by the improvement of student’s achievement in writing essay. Initial average writing skills of students were 54,16 then increased to 61,71 (7,55) in the first cycle, while in the second cycle increased to 71,98 (10,27).

Keywords: essay writing, guided writing model.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.