PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar kognitif matematika. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengujian hipotesis menggunakan regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan dibuktikan dengan Uji F dan Uji t. Pada Uji t dan didapatkan hasil bahwa pada variabel kebiasaan belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa pada taraf signifikansi α = 0,05, nilai signifikansi 0,000 jauh lebih kecil dari 0,05 dengan pengaruh 15,6%. Pada variabel perhatian orang tua terhadap hasil belajar kognitif juga didapatkan hasil yang sama, nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan pengaruh 17,3%. Pada uji F didapatkan hasil Fhitung (60,434) > Ftabel (3,033) dengan dk pembilang 2 dan dk penyebut 246, serta tingkat signifikan 0,000 jauh lebih kecil dari 0,05.
Kata kunci: kebiasaan belajar, perhatian orang tua, hasil belajar kognitif
Abstract
This study aims to determine the effect of learning habits and parents concern towards mathematic’s cognitive learning outcome. This research used ex post facto quantitative approach. Hypothesis testing used multiple regression. The results showed that there was a positive and significant influence partially or simultaneously evidenced by F test and t test. At t test showed that the variable learning habits towards mathematic’s cognitive learning outcomes at significance level α = 0.05, 0.000 significance value was much smaller than 0.05 with effect 15 , 6%. In the variable parents’ concern towards mathematic’s cognitive learning outcome also obtained the same results, the significance value 0.000 <0.05 with effect 17.3%. In the F test results obtained Fhitung (60.434)> F table (3.033) with 2 dk numerator and denominator 246, as well as the significant level of 0,000 was much smaller than 0.05.
Keywords: the habits of learning, the parents concern, the cognitive learning
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.