Hubungan Intensitas Membaca dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SD Gugus II Pengasih Kulon Progo
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat intensitas membaca dan keterampilan menulis narasi, dan hubungan antara keduanya di kelas IV SD gugus II Pengasih Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi. Metode penelitian ini adalah ex post facto. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) tingkat intensitas membacasebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase 55,38%, (2) tingkat keterampilan menulis narasi sebagian besar pada kategori sedang dengan persentase 60%, (3) adanya hubungan positif dan signifikan antara intensitas membaca dengan keterampilan menulis narasi (0,617>0,244) dengan taraf signifikansi sebesar 5%.
Kata kunci: intensitas membaca, keterampilan menulis narasi
Abstrack
The research aims to know the level of reading intensity and narrative wriing skill, and the relationship both of them in 4th grade students in elementary schools group 2 Pengasih, Kulon Progo in the academic year 2015/2016. It was a correlation research. The research method was ex post facto. The result showed that (1) reading intensity level was on midlevel category, with the percentage 55,38%, (2) narrative writing skill level was on the midlevel category, with percentage 60%, (3) there was a positive and significant correlation between reading intensity and narrative writing (0,617>0,244) in the significance level 5%.
Keyword : reading intensity, narrative writing skill
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.