HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN EFIKASI DIRI DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR

Hanin Nur Nadiyah,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan tanggung jawab belajar, 2) hubungan antara efikasi diri dengan tanggung jawab belajar, 3) hubungan antara dukungan sosial orang tua dan efikasi diri secara bersama-sama dengan tanggung jawab belajar. Penelitian ini  merupakan  penelitian  kuantitatif  korelasional  dengan  populasi  sebanyak  112  peserta  didik.  Hasil penelitian menunjukkan korelasi antara dukungan sosial orang tua dengan tanggung jawab belajar sebesar 0,666 dengan nilai signifikansi 0,000 dengan kategori kuat. Korelasi antara efikasi diri dengan tanggung jawab belajar sebesar 0,803 dengan nilai signifikansi 0,000 dengan kategori sangat kuat. Korelasi antara dukungan  sosial  orang  tua  dan  efikasi  diri  secara  bersama-sama  dengan  tanggung  jawab  belajar  sebesar 0,814  dengan  nilai  signifikansi  0,000  dengan  kategori  sangat  kuat.  Hasil  tersebut  menunjukkan  bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dan efikasi diri dengan tanggung jawab belajar, baik secara parsial maupun secara bersama-sama.

Kata kunci: Dukungan Sosial Orang Tua, Efikasi Diri, Tanggung Jawab Belajar

 

Abstract

This research aims to identify : 1) relationship between parental social support with learning responsibilities, 2) relationship between self efficacy with learning responsibilities, 3) relationship between parental social support and self efficacy simultaneously with learning responsibilities. The research was a correlation quantitative with a population  of  112  students.  The  results  of  this  research  showed that  the  magnitude  correlation  between  parental social  support  with  learning  responsibilities  was  0,666  with  significance  value  0,000  in  the  strong  category. Correlation between self efficacy with learning responsibilities was 0,803 with significance value 0,000 in the very strong  category.  Correlation  between  parental  social  support  and  self  efficacy  simultaneously  with  learning responsibilities was 0,814 with significance value 0,000 in the very strong category. It was concluded that there was a positive relationship between parental social support and self efficacy with learning responsibilities partially or simultaneously.

Keywords: Parental Social Support, Self Efficacy, Learning Responsibilities.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.