PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS UNTUK SISWA KELAS VI SD NEGERI TERSIDILOR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara dan meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan model kooperatif tipe talking chips pada siswa kelas VI SD Tersidilor, Pituruh, Purworejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Tersidilor. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemis dan MC Taggart. Data dikumpulkan dengan observasi, tes unjuk kerja, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah nilai hasil observasi aktivitas keterampilam berbicara siswa ≥ 80 dengan kategori sangat baik dan ketuntasan klasikal siswa kelas VI minimal mencapai presentase sebesar 85 %. Hasil observasi proses pembelajaran menunjukkan proses keterampilan berbicara siswa pada siklus I sebesar 67,5 % meningkat menjadi 82,5% pada siklus II. Hasil pencapaian presentase ketuntasan klasikal unjuk kerja keterampilan berbicara siswa, pada siklus I sebesar 60% meningkat menjadi 86,67% pada siklus II.
Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Talking Chips, Siswa SD
Abstract
This study aims to improve the learning process of speaking skills and improve speaking skills using a cooperative model of talking chips type in class VI SD Tersidilor, Pituruh, Purworejo. Type of research Classroom Action Research. The research subjects were students of grade VI SD Negeri Tersidilor. This research design to the classroom action research design Kemis and MC Taggart. Data were collected observation, performance tests, documentation. The data analysis technique is descriptive qualitative and quantitative data analysis techniques. The observation result of students' speaking skills activity ≥ 80 with a very good category and classical completeness of grade VI students at least reaching a percentage of 85%. The results of the observation of the learning process that the students' speaking skill process in the first cycle 67.5%, increasing to 82.5% in the second cycle. The results of the achievement of the percentage of classical completeness in the performance of students' speaking skills, 60% to 86.67% in the second cycle.
Keywords: Speaking Skills, Talking Chips, Students
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.