UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA STIK ES KRIM PELANGI

Nur Ma’rifah,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa menggunakan media stik es krim pelangi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I di SD Negeri Grogolpenatus, Petanahan, Kebumen yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif  kuantitatif  dan  kualitatif.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  penerapan  media  stik  es  krim pelangi dapat meningkatkan hasil belajar matematikasiswa kelas I. Nilai rata-rata kelas pada pra tindakan mencapai  64,61  dan  mengalami  peningkatan  pada  siklus  I  dan  siklus  II  yaitu  dari  78,46  menjadi  86,92. Peningkatan juga terjadi pada persentase ketuntasan siswa yaitu dari pra tindakan dimana siswa yang tuntas sebanyak  6  siswa  atau  46,15%.  menjadi  9  siswa  atau  69,23%  pada  silus  I  dan  pada  siklus  II  menajdi sebanyak 11 siswa atau 84,61%. 

Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Media Stik Es Krim Pelangi 

 

Abstract

This study aims to improve students' mathematics learning outcomes using rainbow ice cream stick media. This type of research is Classroom Action Research (PTK), using the Kemmis and McTaggart model which includes planning, action and observation, as well as reflection on each cycle. The subjects in this study were 14 students of grade I at SD Negeri Grogolpenatus, Petanahan, Kebumen. Data collection techniques using tests, observation, and documentation.  Data  were  analyzed  descriptively,  quantitative  and  qualitative.  The  results  showed  that  the application of rainbow ice cream sticks media could improve the learning outcomes of class I students. The class average score in pre-action reached 64.61 and increased in cycle I and cycle II, from 78.46 to 86.92. The increase also  occurred  in  the  percentage  of  student  completeness,  namely  from  the  pre-action  where  the  students  who completed were 6 students or 46.15%. to 9 students or 69.23% in the first syllable and in the second cycle there were 11 students or 84.61%. 

Keywords: Mathematics Learning Outcomes, Rainbow Ice Cream Stick Media 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.