PENGEMBANGAN MEDIA DOTAYA (LUDO TATA SURYA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL
Abstract
Abstrak
Rendahnya hasil belajar IPA materi tata surya dan jarangnya media yang digunakan oleh guru ketika pembelajaran serta belum tersedianya media untuk pembelajaran materi tata surya merupakan masalah kompleks pembelajaran IPA SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran DOTAYA untuk siswa kelas VI SD Negeri Sendowo III berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media dan keefektifan media tersebut untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi tata surya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Dick & Carry, 1996) yang meliputi lima tahap yaitu, tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa DOTAYA layak digunakan di sekolah dasar. Hasil validasi materi memperoleh nilai rata-rata 4,7 dengan katagori “Sangat Baik”, sedangkan hasil validasi media terakhir memperoleh nilai rata-rata 4,25 dengan katagori “Sangat Baik”. DOTAYA berhasil memperbaiki hasil belajar IPA materi tata surya. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase ketuntasan hasil belajar posttest, yaitu 66,67%. Persentase ini lebih besar daripada persentase ketuntasan hasil belajar pretest, yaitu 26,67%.
Kata kunci: Media, Ludo, Tata Surya.
Abstract
Low science achievement about solar system is concerning. Teachers rarely use learning media, and the media are rarely available. This research aims to determine the appropriateness of DOTAYA as learning media for the VI graders in SD Negeri Sendowo III and to determine its effectiveness to improve science achievement of solar system. This study is a research and development (R&D) with the ADDIE model (Dick & Carry, 1996) that includes five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results show that DOTAYA is appropriate for the sixth graders. The validation of the content averaged 4.7 (Very Good), while the validation of the media averaged 4.25 (Very Good). The DOTAYA has been successfully improved the science achievement on solar system. The percentage of posttest is 66.67%, which is greater than the percentage of pretest (26.67%).
Keywords: Media, Ludo, Solar System
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.