PENGEMBANGAN MEDIA DOTAYA (LUDO TATA SURYA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Netha Putri Voliani,

Abstract


Abstrak

Rendahnya hasil belajar IPA materi tata surya dan jarangnya media yang digunakan oleh guru ketika pembelajaran serta belum tersedianya media untuk pembelajaran materi tata surya  merupakan  masalah  kompleks  pembelajaran  IPA  SD.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui  kelayakan  media  pembelajaran  DOTAYA  untuk  siswa  kelas  VI  SD  Negeri Sendowo  III  berdasarkan  penilaian  dari  ahli  materi  dan  ahli  media  dan  keefektifan  media tersebut  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  IPA  materi  tata  surya.  Penelitian  ini  merupakan penelitian  pengembangan  atau  Research  and  Development  (R&D)  dengan  model pengembangan ADDIE (Dick & Carry, 1996) yang meliputi lima tahap yaitu, tahap analisis (analysis),  desain  (design),  pengembangan  (development),  implementasi  (implementation), dan  evaluasi  (evaluation).  Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  DOTAYA  layak digunakan  di  sekolah  dasar.  Hasil  validasi  materi  memperoleh  nilai  rata-rata  4,7  dengan katagori “Sangat Baik”, sedangkan hasil validasi media terakhir memperoleh nilai rata-rata 4,25  dengan  katagori  “Sangat  Baik”.  DOTAYA  berhasil  memperbaiki  hasil  belajar  IPA materi tata surya. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase ketuntasan hasil belajar posttest, yaitu 66,67%. Persentase ini lebih besar daripada persentase ketuntasan hasil belajar pretest, yaitu 26,67%. 

Kata kunci: Media, Ludo, Tata Surya. 

 

Abstract

Low science achievement about solar system is concerning. Teachers rarely use learning media, and the media are rarely available. This research aims to determine the appropriateness of DOTAYA as learning media for the VI graders in SD Negeri Sendowo III and to determine its effectiveness to improve science achievement of solar system. This study is a research and development (R&D) with the  ADDIE  model  (Dick  &  Carry,  1996)  that  includes  five  stages,  namely  analysis,  design, development, implementation, and evaluation. The results show that DOTAYA is appropriate for the sixth  graders.  The  validation  of  the  content  averaged  4.7  (Very  Good),  while  the  validation  of  the media  averaged  4.25  (Very  Good).  The  DOTAYA  has  been  successfully  improved  the  science achievement  on  solar  system.  The  percentage  of  posttest  is  66.67%,  which  is  greater  than  the percentage of pretest (26.67%). 

Keywords: Media, Ludo, Solar System


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.