PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SD NEGERI KREBET BANTUL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran diorama pada pembelajaran tematik bermuatan IPA yang layak untuk meningkatkan pemahaman konsep Kelas IV SD Negeri Krebet Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Borg & Gall (1983). Pada penelitian dan pengembangan ini hanya terdiri dari 7 tahap, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan bentuk produk awal, uji lapangan awal, revisi produk untuk uji lapangan utama, uji lapangan utama, dan revisi produk untuk uji operasional menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media diorama pembelajaran tematik bermuatan IPA yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dengan hasil validasi ahli media skor rata-rata 4,63 (layak), validasi ahli materi dengan skor rata-rata 4,7 (layak), penilaian guru dengan skor rata-rata 4,61 (layak), uji lapangan awal sebesar 97,3% (layak), uji lapangan utama sebesar 98,6% (layak) dan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan sebanyak 56,89%.
Kata Kunci : Pengembangan Media Diorama, Pembelajaran Tematik, Pemahaman Konsep
Abstract
The study aims to produce diorama learning media on thematic learning of science that is suitable to improve understanding of the concept on the Fourth Grader at SD Negeri Krebet Bantul. It is a research and development model based on Borg & Gall (1983). The model only consists of 7 stages, they are 1) research and initial information collection, 2) planning, 3) development of initial product form, 4) initial field test, 5) product revisions for the main field test, 6) main field test, and 7) product revisions for the operational test using quantitative descriptive analysis techniques. The results of the study indicate that the thematic learning diorama media with science content developed is feasible to be used to improve concept understanding. the results of the validation of media experts with an average score of 4.63 (feasible), validation of material experts with an average score of 4.7 (feasible), the teacher's assessment with an average score of 4.61 (feasible), the initial field test of 97.3% (feasible), the main field test of 98.6% (feasible) and the student's understanding of concepts increased by 56.89%.
Keywords: Diorama Media Development, Thematic Learning, Conceptual Understanding.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.