UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE HURUF UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Iva Kurnia Anisabani Pahlavi,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan proses pembelajaran dan hasil kemampuan membaca 2 Blunyahan. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  kolaboratif  model  Kemmis  dan  Mc  Taggart, dengan subjek penelitian siswa kelas I SD Negeri 2 Blunyahan. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga  siklus,  setiap  siklus  terdiri  dari  tiga  pertemuan  yang  dilakukan  secara  tatap  muka  dengan membagi  siswa  menjadi  2  kelompok.  Penelitian  dilaksanakan  pada  bulan  Agustus  2020.  Teknik pengumpulan  data  menggunakan  tes  dan  observasi.  Teknik  analisis  data  menggunakan  analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaanmedia puzzle huruf dapat menulis  permulaan  pada siswa.  Nilai  rata-rata  kelas  siklus  I  kemampuan  membaca  permulaan  sebesar  68,32  dengan persentase  keberhasilan  26%,  dan  nilai  rata-rata  kemampuan  menulis  permulaan  sebesar  69,11 dengan  persentase  keberhasilan  32%.  Nilai  rata-rata  siklus  II  kemampuan membaca  permulaan meningkat  sebesar  7,63  menjadi  75,95  dengan  persentase  keberhasilan  53%, dan  kemampuan menulis  permulaan  meningkat  sebesar  6,89  menjadi  76,00  dengan  presentase  keberhasilan  53%. Nilai  rata-rata  siklus  III  kemampuan  membaca  permulaan  meningkat  sebesar  3,89  menjadi  79,84 dengan persentase keberhasilan 79%, dan kemampuan menulis permulaan meningkat sebesar 5,05 menjadi 81,05 dengan persentase keberhasilan 84%. 

Kata Kunci: Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan, Media Puzzle Huruf 

 

Abstract

This study aims to improve the learning process and the results of the students' initial reading cycles, each cycle  consisted  of  three  meetings  conducted  face-to-face  by  dividing  students  into  2  groups.  The research was conducted in August 2020. Data collection techniques using tests and observations. Data analysis technique used qualitative and quantitative analysis. The results showed that the use of puzzle letter media can improve the learning process and the results of the students' initial reading and writing ability. The class average score in the first cycle of initial reading ability was 68.32 with achieved percentage 26%, and on initial writing ability was 69.11 with achieved percentage 32%. The class average score in the second cycle of initial reading ability increased by 7,63 to 75,95 with achieved  percentage  53%,  and  on  initial  writing  ability  increased by 6,89 to 76,00 with achieved percentage 53%. The class average score in the third cycle of initial reading ability increased by 3.89 to 79.84 with achieved percentage 79%, and on initial writing ability increased by 5.05 to 81.05 with achieved percentage 84%.

Keywords: Initial Reading And Writing Ability, Puzzle Letter Media.




Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.