PENGEMBANGAN MEDIA GAME ONLINE PAMUSI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALPANGGUNG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dimulai dari permasalahan pembelajaran secara daring yang memerlukan media pembelajaran untuk memotivasi siswa dan meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media game online PAMUSI dan mengetahui kelayakan media Game Online PAMUSI dalam pembelajaran matematika materi FPB dan KPK di kelas IV SD N Tegalpanggung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahap pada penelitian ini meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil pengembangan media game online PAMUSI dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa secara daring melalui proses validasi. Hasil validasi materi mendapatkan skor rata-rata 4,3 dengan kategori “sangat baik” dan validasi media mendapatkan skor rata-rata 4,95 dengan kategori “sangat baik”. Uji coba lapangan terbatas mendapat skor rata-rata 2,86 dari respon siswa menggunakan skala tiga acuan rumus N-Gain dengan kategori “tinggi” dan skor rata-rata 3,98 dari respon guru dengan konversi skala empat dengan kategori “sangat baik”.
Kata kunci: Pengembangan Media, Game Online PAMUSI
Abstract
This research begins with online learning problems that require learning media to motivate students and increase student interest in learning. The purpose of this study was to determine the process of developing PAMUSI online game media and to determine the feasibility of PAMUSI Online Game media in learning mathematics on FPB and KPK material in grade IV SD N Tegalpanggung. The type of research used is research and development (RnD) using the ADDIE development model. The stages in this research include analysis, design, development, implementation, and evaluation. The data collection technique used by researchers is interviews. The analysis used is descriptive qualitative analysis. The results of the development of PAMUSI online game media were declared feasible to be used to increase student interest in online learning through the validation process. The results of the material getting an average score of 4.3 in the "very good" category and media validation getting an average score of 4.95 in the "very good" category. The limited field trial got an average score of 2.86 from student responses using the three-reference scale of the N-Gain formula with the "high" category and an average score of 3.98 from the teacher's response with a scale conversion of four with the "very good" category.
Keywords: Media Development, PAMUSI Online Game
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.