PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN KALIBAGI UNTUK MEMAHAMI KONSEP PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA KELAS II

Endah Sri Rejeki,

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  dimulai  dari  permasalahan  pembelajaran  daring  yang  terkendala  akses  internet.  Tujuan penelitian ini menghasilkan media papan KaliBagi yang layak untuk kelas II SD Negeri 1 Tlogorandu dan untuk mengertahui  efektifitas  media  papan  KaliBagi  dalam  memahami  konsep  perkalian  dan  pembagian.  Jenis penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  dan  pengembangan  (R&D)  model  pengembangan  Sugiyono, meliputi  potensi  dan  masalah,  pengumpulan  data,  desain  produk,  validasi  desain,  revisi  desain,  uji  coba produk, revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,  studi pustaka, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripstif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media papan KaliBagi  ini  layak  dengan  hasil  validasi  materi  memperoleh  rata-rata  4,4 dengan  katagori  “Sangat  Baik”. Hasil validasi media terakhir memperoleh rata-rata 4,1 dengan katagori “Baik”. Uji coba produk dari angket siswa memperoleh rata-rata 4,93 dengan katagori “Sangat Baik” dan dari angket guru memperoleh rata-rata 4,6 dengan katagori  “Sangat  Baik”.  Media  papan  KaliBagi  ini  efektif  digunakan  untuk  meningkatkan  pemahaman  konsep perkalian  dan  pembagian.  Hal  tersebut  ditunjukan  dari  rata-rata  posttest  siswa  lebih  besar  yaitu  96,67  dari nilai  rata-rata  pretest siswa yaitu 50, serta terdapat peningkatkan pada nilai siswa sebesar 93,34%.

Kata kunci: Media, Papan KaliBagi, Perkalian dan Pembagian

 

Abstract

This  research  starts  from  the  problem  of  online  learning  which  is  constrained  by  internet  access.  The purpose of this research is to  produce  a suitable  KaliBagi board media  for  grade  II  SD Negeri 1  Tlogorandu and  to  determine  the  effectiveness  of  the  KaliBagi  board  media  in  understanding  the  concept  of  multiplication and  division.  The  type  of  research  used  is  Sugiyono's  research  and      development      (R&D)      development model,  which  includes  potentials  and  problems,  data  collection,  product  design,  design  validation,  design revision,  product  testing,  product  revision.  Data  collection  techniques  used  observation,  interviews,  literature study,  and  questionnaires.  The  data  analysis  technique  used  quantitative  descriptive  analysis.  The  results  of this study  indicate  that the  KaliBagi board  media  is  feasible  with the results  of  material validation  obtaining an  average of 4.4 in the "Very Good" category. The last media validation results obtained  an  average of 4.1  in  the  "Good"  category.  The  product  trial  of  the  student  questionnaire  got  an  average  of  4.93  in  the "Very  Good" category and  from the teacher's  questionnaire got an average of 4.6 in the "Very Good" category. The  KaliBagi  board  media  is  effectively  used  to  improve  understanding  of  the  concept  of  multiplication  and division.  This  was  indicated  by  the  posttest  average  of  students  which  was  greater,  namely  96.67  than  the average pretest score  of students,  namely 50, and there was an  increase in the student's score of 93.34%.

Keywords: Media, Kalibagi Board, Multiplication and Division


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.