PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN KALIBAGI UNTUK MEMAHAMI KONSEP PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA KELAS II
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dimulai dari permasalahan pembelajaran daring yang terkendala akses internet. Tujuan penelitian ini menghasilkan media papan KaliBagi yang layak untuk kelas II SD Negeri 1 Tlogorandu dan untuk mengertahui efektifitas media papan KaliBagi dalam memahami konsep perkalian dan pembagian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) model pengembangan Sugiyono, meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripstif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media papan KaliBagi ini layak dengan hasil validasi materi memperoleh rata-rata 4,4 dengan katagori “Sangat Baik”. Hasil validasi media terakhir memperoleh rata-rata 4,1 dengan katagori “Baik”. Uji coba produk dari angket siswa memperoleh rata-rata 4,93 dengan katagori “Sangat Baik” dan dari angket guru memperoleh rata-rata 4,6 dengan katagori “Sangat Baik”. Media papan KaliBagi ini efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian dan pembagian. Hal tersebut ditunjukan dari rata-rata posttest siswa lebih besar yaitu 96,67 dari nilai rata-rata pretest siswa yaitu 50, serta terdapat peningkatkan pada nilai siswa sebesar 93,34%.
Kata kunci: Media, Papan KaliBagi, Perkalian dan Pembagian
Abstract
This research starts from the problem of online learning which is constrained by internet access. The purpose of this research is to produce a suitable KaliBagi board media for grade II SD Negeri 1 Tlogorandu and to determine the effectiveness of the KaliBagi board media in understanding the concept of multiplication and division. The type of research used is Sugiyono's research and development (R&D) development model, which includes potentials and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, product revision. Data collection techniques used observation, interviews, literature study, and questionnaires. The data analysis technique used quantitative descriptive analysis. The results of this study indicate that the KaliBagi board media is feasible with the results of material validation obtaining an average of 4.4 in the "Very Good" category. The last media validation results obtained an average of 4.1 in the "Good" category. The product trial of the student questionnaire got an average of 4.93 in the "Very Good" category and from the teacher's questionnaire got an average of 4.6 in the "Very Good" category. The KaliBagi board media is effectively used to improve understanding of the concept of multiplication and division. This was indicated by the posttest average of students which was greater, namely 96.67 than the average pretest score of students, namely 50, and there was an increase in the student's score of 93.34%.
Keywords: Media, Kalibagi Board, Multiplication and Division
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.