PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan membaca permulaan melalui media audio visual pada siswa kelas IC SD N Pujokusuman 1 Yogyakarta. Jenis penelitian tindakan kelas mengacu pada model Hopkims. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IC SD N Pujokusuman 1 Yogyakarta yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media audio visual dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan berdasarkan indikator keterampilan membaca permulaan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari pencapaian siswa yang mencapai indikator keterampilan membaca permulaan dan kriteria keberhasilan penelitian. Rerata nilai dalam membaca permulaan yaitu dari observasi awal 66,64 menjadi 69,86 pada siklus I dan meningkat menjadi 77,6 pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah melalui media audio visual dalam pembelajaran membaca permulaan dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan.
Kata kunci: Keterampilan Membaca Permulaan, Media Audio Visual
Abstract
This study aims to improve the learning process of pre-reading through audio visual media through audio- visual media for IC class students of Pujokusuman 1 elementary school Yogyakarta. This type of classroom action research refers to the Hopkims model. The subjects of this study were 28 students of IC class Pujokusuman 1 elementary school Yogyakarta. Data collection techniques using observation and tests. The data analysis technique uses descriptive qualitative analysis techniques and quantitative descriptive. The results showed that through audio-visual media in learning can improve pre-reading skills based on the indicators of pre-reading skills. This increase can be seen from the achievement of students who accomplished the pre-reading skill indicators and the requirement of a success research. The mean value in pre-reading skills from the initial observation of 66.64 to 69.86 at the first cycle and increasing to 77.6 at the second cycle. The conclusion of this research is that pre-reading skills can be improved by applying audio-visual media in the teaching process.
Keywords: Pre-Reading Skills, Audio-Visual Media
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.