PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA

Dhevi Ayu Elindasari,

Abstract


Abstrak


Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  rendahnya  kedisiplinan  belajar  siswa.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui  pengaruh  reward  dan  punishment  secara  simultan  terhadap  kedisiplinan  belajar.  Penelitian  ini menggunakan  pendekatan  kuantitatif  dengan  metode  ex-post  facto.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa kelas  V  SD  Negeri  se-Kecamatan  Kotagede  Yogyakarta  yang  berjumlah  426  siswa  dengan  sampel  penelitian berjumlah  206  siswa  ditentukan  menggunakan  rumus  slovin.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  skala psikologi  yang  diujicobakan  pada  125  siswa.  Instrument  pengumpulan  data  menggunakan  skala  kedisiplinan belajar,  reward,  dan  punishment.  Uji  validitas  instrument  menggunakan  validitas  isi  dengan  teknik  expert judgement,  sedangkan  uji  reliabilitas  menggunakan  teknik  analisis  koefisien  Alpha  Cronbach.  Uji  prasyarat analisis  menggunakan  uji  normalitas,  linieritas,  dan  multikolinieritas.  Pengujian  hipotesis  menggunakan  analisis regresi  ganda.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  reward  dan  punishment  secara  simultan  berpengaruh  positif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa dengan sumbangan 32%.

Kata kunci: Kedisiplinan Belajar, Reward, Punishment

 

Abstract


This research is motivated by the low discipline of student learning. This study aims to determine the effect of reward and punishment simultaneously on learning discipline. This study uses a quantitative approach with ex-post facto methods. The population in this study were 426 students of class V SD Negeri Yogyakarta Kotagede with a research  sample  of  206  students  determined  using  the  Slovin  formula.  The  data  collection  technique  used  a psychological  scale  which  was  tested  on  125  students.  The  data  collection  instrument  used  a  scale  of  learning discipline, reward, and punishment. The validity test of the instrument used content validity with expert judgment techniques,  while  the  reliability  test  used  the  Cronbach  Alpha  coefficient  analysis  technique.  The  prerequisite analysis test used the normality, linearity, and multicollinearity tests. Hypothesis testing uses multiple regression analysis.  The  results  showed  that reward  and  punishment  simultaneously had  a  positive and significant  effect on student learning discipline with a contribution of 32%.

Keywords: Disciplinary Study, Reward, Punishment


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.