IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA

Aulia Rafiqa Farahnas,

Abstract


 

Abstrak


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  implementasi  pendidikan  karakter  melalui  budaya sekolah di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.  Subjek  penelitian  ini  yaitu  SD  Taman  Muda  Ibu  Pawiyatan  Yogyakarta  dengan  narasumber kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.  Teknik  analisis  data  menggunakan  model  Miles  &  Huberman  yaitu  pengumpulan  data, reduksi    data,  penyajian  data,  dan  penarikan  kesimpulan.  Uji  keabsahan  data  menggunakan  triangulasi sumber  dan  triangulasi  teknik.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  implementasi  pendidikan  karakter melalui  budaya  sekolah  di  SD  Taman  Muda  Ibu  Pawiyatan  Yogyakarta  dilaksanakan  melalui  kegiatan sebagai berikut : 1) kegiatan  rutin yang dilakukan warga sekolah  secara terus menerus melalui kegiatan yang dilakukan setiap hari, seminggu sekali, sebulan sekali, dan setahun sekali;  2) kegiatan spontan yang dilakukan  oleh  warga  sekolah  saat  itu  juga,  tanpa  perencanaan  dan  tidak  terjadwal;  3)  keteladanan ditujukkan oleh warga sekolah  melalui perilaku baik yang dapat dicontoh orang lain, dan 4) pengondisian  dengan  menciptakan  lingkungan  sosial  dan  lingkungan  fisik  sekolah  yang  mendukung    terlaksananya pendidikan karakter.

Kata Kunci: pendidikan karakter, budaya sekolah, sekolah dasar

 

Abstract


  This study aims to describe the implementation of character education through school culture in Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta Elementary School.  The subject of the research is Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta Elementary School with the headmaster, classroom teachers, and students as the  resource  persons.  Data  collection  is  done  through  interview,  observation,  and  documentation.  The data analysis techniques use the Miles & Huberman models that include data collection, data reduction, data  display,  and  drawing  conclusions.  The  data  validity  test  used  source  triangulation  and  technique triangulation. The results showed that the implementation of character education through school culture in Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta Elementary School was carried out through the activitiy, such as : 1) routine activities carried out by school members continuously through activities carried out every day,  once  a  week,  once  a  month,  and  once  a  year;  2)  spontaneous  activities  carried  out  by  school members right away, without planning and unscheduled; 3) exemplary shown by school members through good  behavior  that  can  be  emulated  by  others,  and  4)  conditioning  by  creating  a  social  and  physical environment for the school that supports the implementation of character education 

Keywords: character education, school culture, elementary school  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.