PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VB MIN 1 BANTUL
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah meningkatan proses dan hasil pada pembelajaran keterampilan menyimak cerita sejarah menggunakan media audiovisual siswa kelas VB MIN 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi penelitian ialah siswa kelas VB MIN 1 Bantul sebanyak 27 siswa, serta waktu penelitian dari bulan Januari Februari 2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian dilakukan secara bertahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak cerita sejarah dari siswa kelas V mengalami peningkatan setelah proses pembelajarannya menggunakan media audio visual. Hal ini diperkuat temuan lain dalam riset ini bahwa jumlah peserta didik yang mampu memenuhi KKM pada saat pratindakan/ kondisi hanya 5 siswa dari 27 (18,5%). Kemudian siklus I meningkat menjadi 15,33 dari 27 siswa yang merupakan rata-rata pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 3 yang memenuhi KKM atau meningkat sebesar 56,76%. Selanjutnya pada siklus II peserta didik yang memenuhi KKM juga mengalami peningkatan sebesar 95,06%.
Kata Kunci: keterampilan, menyimak, media, video audiovisual
Abstract
The purpose of this study was to improve the process and learning outcomes of listening to historical stories using audiovisual media for students of class VB MIN 1 Bantul. This research used classroom action research (PTK). The study population was 27 students of class VB MIN 1 Bantul, and the research time was from January February 2020. The data analysis technique used was descriptive analysis. The research was carried out in stages. The results showed that the ability to listen to the history of the fifth grade students increased after the learning process using audio visual media. It was found in this study that the number of students who were able to reach the KKM during the pre-action / initial conditions was only 5 students out of 27 (18.5%). Then in the first cycle it increased to 15.33 from 27 students, which was an average meeting of 1 to 3 reached the KKM or an increase of 56.76%. Furthermore, in the second cycle students who reached the KKM also increased to 95.06%.
Keywords: skills, listened, media, audiovisual video
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.