PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP SELF ESTEEM SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh self esteem yang dimiliki siswa kelas tinggi masih rentan terpengaruh. Penelitian ini bertujuan mengetahui secara simultan pengaruh pola asuh demokratis dan dukungan teman sebaya terhadap self esteem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi SD se-Gugus III Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul yang berjumlah 681 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 252 siswa yang ditentukan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang diujicobakan kepada 150 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala self esteem, pola asuh demokratis, dan dukungan teman sebaya. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan daya beda dihitung menggunakan koefisien korelasi aitem total terkoreksi. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi ganda dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis dan dukungan teman sebaya secara simultan berpengaruh signifikan terhadap self esteem siswa dengan sumbangan sebesar 35,8% dan masing-masing sumbangan efektif sebesar 6,34% dan 29,46%.
Kata kunci: self esteem, pola asuh demokratis, dukungan teman sebaya.
Abstract
This research is motivated by the self esteem of high grade students is still vulnerable to being affected. This research aims to know the effect of democratic parenting and peer support simultaneously to self esteem. The research is used an ex-post facto. Population in this research was high grade students in Cluster III of Piyungan District, Bantul Regency which total 681 students with sample totaled 252 students were taken by Slovin formula. Data were collected by using psychological scale which was tested on 150 students. The instrument of data collection are self esteem scale, democratic parenting scale, and peer support scale. The validity of instrument used validity content with expert judgement technique. Validity of item was calculated by total corrected aitem correlation coefficient. The reliability of instrument used Cronbach’s Alpha formula. Analysis prerequisite test used normality test, linearity test, and multicolinearity test. The data analysis technique used multiple correlation and multiple regression. The result showed that democratic parenting and peer support take effect simultaneously on self esteem with contribution 35,8% and respectively gave an effective contribution 6,34% and 29,46%.
Keywords: self esteem, democratic parenting, peer support.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.