UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI SEMANU III
Abstract
Abstrak
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan model spiral Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Semanu III. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar kognitif siswa, sedangkan lembar observasi digunakan untuk memperoleh gambaran aktivitas siswa serta keterlaksanaan strategi card sort dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan strategi pembelajaran aktif card sort. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Strategi pembelajaran aktif card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan pencapaian KKM pada pra tindakan sebesar 19,35%. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif card sort pada siklus 1, pencapaian KKM meningkat menjadi 54,83%. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan pada tindakan siklus 2, pencapaian KKM meningkat menjadi 87,09%. Selain itu, aktivitas siswa (aspek afektif dan psikomotor) juga mengalami peningkatan dari 73,95% pada siklus I menjadi 91,66% pada siklus II.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Card Sort, Hasil Belajar IPS
Abstract
This type of research is Classroom Action Research, using the spiral model Kemmis and Taggart. The subjects in this study were students of class VB at Semanu III Public Elementary School. Data collection techniques in the form of learning outcomes tests, observation sheets, questionnaires, and documentation. The test is used to collect data on student cognitive learning outcomes, while the observation sheet is used to obtain a description of student activities and implementation of the card sort strategy in the process of implementing social studies learning using active card sort learning strategies. Data analysis techniques using quantitative descriptive analysis and qualitative descriptive analysis Applying active card sort learning strategies can improve social studies learning outcomes. The increase was evidenced by the achievement of KKM in pre- action of 19.35%. After taking action by implementing an active card sort learning strategy in cycle 1, the KKM achievement increased to 54.83%. Likewise, after improvements were made to cycle 2 actions, the KKM achievement increased to 87.09%. In addition, student activities (affective and psychomotor aspects) also increased from 73.95% in cycle I to 91.66% in cycle II
Keywords: Active Card Sort Learning Strategies, Social Studies Learning Outcomes.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.