UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI SEMANU III

Rizki Adi Nugroho,

Abstract


Abstrak 


Jenis  penelitian  ini  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas,  menggunakan  model  spiral  Kemmis  dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Semanu III. Teknik pengumpulan data  berupa  tes  hasil  belajar,  lembar  observasi,  angket,  dan  dokumentasi.  Tes  digunakan  untuk mengumpulkan data hasil belajar kognitif siswa, sedangkan lembar observasi digunakan untuk memperoleh gambaran aktivitas siswa serta keterlaksanaan strategi  card sort dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS  menggunakan  strategi  pembelajaran  aktif  card  sort.  Teknik  analisis  data  menggunakan  analisis deskriptif  kuantitatif  dan  analisis  deskriptif  kualitatif.  Strategi  pembelajaran  aktif  card  sort  dapat meningkatkan  hasil  belajar  siswa.  Hal  tersebut  dibuktikan  dengan  pencapaian  KKM  pada  pra  tindakan sebesar 19,35%. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif card sort pada siklus 1, pencapaian KKM meningkat menjadi 54,83%. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan pada tindakan siklus 2, pencapaian KKM meningkat menjadi 87,09%. Selain itu, aktivitas siswa (aspek afektif dan psikomotor) juga mengalami peningkatan dari 73,95% pada siklus I menjadi 91,66% pada siklus II. 

 Kata kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Card Sort, Hasil Belajar IPS 

 

Abstract 

This type of research is Classroom Action Research, using the spiral model Kemmis and Taggart. The subjects in this study were students of class VB at Semanu III Public Elementary School. Data collection techniques in the form of learning outcomes tests, observation sheets, questionnaires, and documentation. The  test  is  used  to  collect  data  on  student  cognitive  learning  outcomes,  while  the  observation  sheet  is used  to  obtain  a  description  of  student  activities  and  implementation  of  the  card  sort  strategy  in  the process of implementing social studies learning using active card sort learning strategies. Data analysis techniques  using  quantitative  descriptive  analysis  and  qualitative  descriptive  analysis  Applying  active card sort learning strategies can improve social studies learning outcomes. The increase was evidenced by the achievement of KKM in pre- action of 19.35%. After taking action by implementing an active card sort  learning  strategy  in  cycle  1,  the  KKM  achievement  increased  to  54.83%.  Likewise,  after improvements  were  made  to  cycle  2  actions,  the  KKM  achievement  increased  to  87.09%.  In  addition, student activities (affective and psychomotor aspects) also increased from 73.95% in cycle I to 91.66% in cycle II 

Keywords: Active Card Sort Learning Strategies, Social Studies Learning Outcomes. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.