PENGEMBANGAN LAGU TEMATIK UNTUK PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS II SD/MI
Abstract
Abstrak
Lagu merupakan media pembelajaran yang terbukti efektif dan menyenangkan untuk anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran lagu tematik yang layak untuk pemahaman konsep siswa kelas II SD/MI pada Tema 4 “Hidup bersih dan Sehat”. Lagu tematik dikembangkan berdasarkan prosedur pengembangan Borg and Gall dengan tiga langkah tahapan: (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal; (2) perencanaan pengembangan produk; dan (3) pengembangan produk awal. Data pada penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen penilaian produk oleh validator dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Produk lagu tematik dikomposisikan sebanyak tiga lagu dengan menggunakan tangga nada natural dan bernada dasar do=C. Produk hasil penelitian ini memperoleh kriteria “Sangat Baik” dengan persentase sebesar 100% pada aspek media. Sementara itu, pada aspek materi, produk penelitian ini memperoleh kriteria “Sangat Baik” dengan persentase sebesar 94,35%. Secara keseluruhan, lagu tematik memperoleh kriteria “Sangat Baik” dengan persentase sebesar 96,50%. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa produk lagu tematik telah layak secara validitas sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: lagu tematik, media pembelajaran, pemahaman konsep
Abstract
The song is an authenticated effective and powerful media for children. This research aimed to develop Thematic Songs as a media learning that proper to be used for the second-grade elementary school student conceptual understanding of 4th Theme “Hidup Bersih dan Sehat”. The thematic songs were developed with three of ten Borg and Gall development procedures: (1) research and information collecting; (2) planning; and (3) develop the preliminary form of the product. The data of this research to be obtained from the product appraisal instrument through the validators and to be analyzed using quantitative descriptive. Thematic songs was composed as three songs using the natural musical scale with do=C as the basic tone. The results of the media assessment got “very good” criteria for the percentage of 100%. Meanwhile, the results of the content assessment got “very good” criteria for the percentage of 94,35%. Overall, Thematic Songs got "very good" criteria for the percentage of 96,50%. Those results indicated the Thematic Songs have been proper from the validity aspect as a learning media.
Keywords: thematic songs, learning media, conceptual understanding
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.