PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN PAPAN BATANG PECAHAN PADA KELAS V SDN CIREN PANDAK BANTUL

Isti Rahmawati,

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  materi  operasi  hitung  bilangan  pecahan  dengan menggunakan  papan  batang  pecahan  pada  kelas  V  SDN  Ciren.  Jenis  penelitian  ini  adalah  Penelitian  Tindakan Kelas.  Subjek  penelitian  adalah  23  siswa  kelas  V  SDN  Ciren.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  tes  dan observasi.  Validitas  instrumen  dilakukan  melalui  expert  judgment  oleh  dosen  pembimbing.  Teknik  analisis  data menggunakan  deskriptif  kuantitatif  dan  deskriptif  kualitatif.  Desain  penelitian  menggunakan  model  Kemmis  dan Mc.  Taggart.  Penelitian  dilaksanakan  selama  dua  siklus.  Hasil  penelitian  menunjukkan  adanya  peningkatan  hasil belajar  materi  operasi  hitung  bilangan  pecahan  dan  persentase  aktivitas  guru  dan  siswa  dari  hasil  penilaian  pra siklus,  siklus  I,  dan  siklus II.  Rata-rata  hasil  belajar siswa  pada  dan  persentase aktivitas  guru  dan  siswa  berdasar penilaian pra siklus masih di bawah kriteria keberhasilan penelitian. Pada siklus I terjadi peningkatan dari hasil pra siklus namun masih kurang dari kriteria keberhasilan penelitian. Pada siklus II mengalami peningkatan dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu ≥80%. 

Kata kunci: Operasi Hitung Bilangan Pecahan, Papan Batang Pecahan 

 

Abstract 


The  research  aims  to  improve  the  learning  results  of  fractional  number  counting  operation  materials  by using Papan Batang Pecahan in class V SDN Ciren. The type of the research was a Classroom Action Research. The subjects were 23 students of 5th grade SDN Ciren. The data were collected through tests and observations. The instruments  were  validated  through  the  expert  judgment  by  the  advisor.  The  data  analysis  was  done  by  using quantitative descriptive techniques and qualitative descriptive techniques. The research design used was Kemmis & Mc. Taggart method. The research was done in two cycles. The result of the research shows the improvement of the learning results of fractional number counting operation materials which is shown by the improvement of learning result  and  percentages of  the  theacher  and  students’ activity from  the  pretest, first  cycle,  then  second  cycle.  The pretest  result  is  still  below  the  success  criteria  of  the  research.  In  the  first  cycle,  there  is  improvement  which  is higher than the pretest result but it is still below the success criteria of the research. In the second cycle, there is improvement and the result has already reached the success criteria of the research which is ≥80%. 

Keywords: Fractional Number Counting Operation, Papan Batang Pecahan 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.