PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KOMIK PADA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran IPA berbasis komik pada materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas IV SDN Margoyasan Yogyakarta. Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah 28 siswa kelas IV SDN Margoyasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis komik yang dikembangkan dapat dikatakan layak untuk diujicobakan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi dari ahli media yang termasuk dalam kriteria sangat baik (4,83), hasil validasi dari ahli materi yang termasuk dalam kriteria baik (3,67), hasil uji coba lapangan awal yang termasuk dalam kriteria sangat baik (4,76), hasil uji coba lapangan utama yang termasuk dalam kriteria sangat baik (4,98), dan hasil uji lapangan operasional yang termasuk dalam kriteria sangat baik (4,48). Hasil uji penggunaan memperoleh rata-rata peningkatan skor sebesar 16,39 dengan nilai gain memperoleh skor 0,32 yang termasuk dalam kategori sedang. Terpenuhinya kriteria minimal, yaitu kategori baik pada hasil validasi serta uji coba, dan nilai sedang dalam uji coba penggunaan, maka hasil tersebut menjadikan media pembelajaran IPA berbasis komik layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas IV SDN Margoyasan Yogyakarta.
Kata kunci : Pembelajaran IPA, Komik, Cahaya Dan Sifat-Sifatnya
Abstract
This research aims at finding the appropriateness of science learning media based on comic for lights and its characteristics learing material for grade IV at Margoyasan Yogyakarta Elementary school. the subject was 28 grade IV students. the data collecting technique was questionnaires. The data analysing technique was descriptive qualitative technique. The result showed that the science learning media were appropriate to be tried out. It was based on the validation result from the media expert which was categorized as very good (4.83), the validation result from material expert was categorized as good criteria (3.67), the first try out result got very good criteria (4.76), the main try out result was categorized as very good (4.98), and the operational try out result was categorized as very good (4.48). the implementation result got the avarage score improvement with the greatest score was 16.39 and the gain score was 0.32 which were catagorized as fair. the research achieved the minimal criteria, which were good criteria on the validation and try out, and fair score on the try out implementation. Therefore, all of the results made science learning media based on comic were appropriate to be implemented as learning media on the lights and its characteristics learning material for grade IV Mergoyasan Yogyakarta Elemenary school.
Keywords : Natural Science Learning, Comic, Light and Its Characteristics
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.