PENANAMAN SIKAP DISIPLIN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 6 BENDUNGAN, WATES, KULON PROGO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanamkan sikap disiplin pada siwa kelas I SD Negeri 6 Bendungan. Aspek yang diteliti yaitu upaya guru dalam menanamkan sikap disiplin pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek guru kelas I, siswa kelas I, dan kepala sekolah. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru sudah menerapkan penanaman sikap disiplin pada siswa, yaitu dengan cara demokratis melibatkan siswa dalam membuat peraturan kelas dan komponen kelas, guru mendengarkan pendapat siswa dan mengajak siswa untuk berdiskusi. Cara otoriter juga dilakukan guru yaitu dengan mengharuskan siswa mentaati peraturan dan menerapkan sanksi, Guru tidak menggunakan cara permisisf, tetapi guru memberi teladan kepada siswa
Kata kunci: penanaman sikap disiplin
Abstract
This study aims to describe the inculcation of disciplined attitudes in grade I students of SD Negeri 6 Bendungan. The aspect under study is the teacher's efforts to instill discipline in students. This study uses a qualitative approach with the subjects of class I teachers, class I students, and principals. Data collection uses observation, interviews, and documentation with data analysis techniques including data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Test the validity of the data using source triangulation and technique triangulation. The results showed that the teacher had implemented a disciplined attitude towards students, namely by democratically involving students in making class rules and class components, the teacher listened to students' opinions and invited students to discuss. The authoritarian way is also done by the teacher by requiring students to obey the rules and apply sanctions, the teacher does not use permisisf methods, but the teacher sets an example for students.
Key words: Instilling dicipline
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.