IMPLEMENTASI KEDISIPLINAN SISWA SD NEGERI 3 PENGASIH KULON PROGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar Negeri 3 Pengasih Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru dan kepala sekolah SD Negeri 3 Pengasih. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana dengan menggunakan langkah–langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedisiplinan siswa dapat dilihat dari tiga aspek yaitu kedisiplinan peraturan, kedisiplinan waktu dan kedisiplinan sikap atau perilaku. Kedisiplinan peraturan siswa SD Negeri 3 Pengasih dapat terimplementasikan karena adanya ketegasan peraturan, sanksi serta penghargaan sehingga dapat mendisiplinkan siswa. Kedisiplinan waktu siswa dapat terlihat dari konsistennya siswa dalam melaksanakan tugas sesuai dengan jadwal, siswa terbiasa tepat waktu serta siswa dididik untuk belajar menghargai dan membagi waktu yang mereka miliki. Sedangkan kedisiplinan sikap atau perilaku dapat terwujud karena adanya upaya menanamkan kedisiplinan melalui kegiatan rutin, pembiasaan dan keteladanan. Keteladanan yang diberikan oleh guru dan kepala sekolah dapat mempengaruhi dan memotivasi siswa untuk bersikap disiplin.
Kata kunci: pendidikan karakter, kedisiplinan siswa, sekolah dasar negeri 3 pengasih kulon progo.
AbstractThis study aims to describe the implementation of student discipline in the 3 Elementary Public Schools of Pengasih, Pengasih District, Kulon Progo Regency.This research is a qualitative descriptive study. The subjects of this study were students, teachers and principals of SD Negeri 3 Pengasih. Data collection techniques are done through interviews, observation and documentation. Data were analyzed using the theory of Miles, Huberman, and Saldana using the steps of data collection, data condensation, data display, and conclusion drawing and verification. The data validity technique uses source triangulation and technique triangulation.The results showed that student discipline can be seen from three aspects, namely the discipline of the rules, the discipline of the time and the attitude or behavior discipline. Discipline of the compassionate students of SD Negeri 3 Kasih can be implemented because of the strictness of the regulations, sanctions and awards so that they can discipline students. Discipline of student time can be seen from the consistency of students in carrying out tasks according to schedule, students are accustomed to being on time and students are educated to learn to appreciate and divide their time. While the discipline of attitude or behavior can be realized because of efforts to instill discipline through routine activities, habituation and exemplary. The example given by the teacher and the principal can influence and motivate students to be disciplined.
Keywords: Character Education, Student Discipline, SD Negeri 3 Pengasih Kulon Progo
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.