PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH TLOGOLELO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SD Muhammadiyah Tlogolelo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Muhammadiyah Tlogolelo. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil evaluasi tiap siklus yang mengalami peningkatan. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada pratindakan sebesar 42,85%, siklus I sebesar 71,42%, dan siklus II 85,71sebesar %. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model belajar kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Muhammadiyah Tlogolelo.
Kata kunci: hasil belajar, model kooperatif tipe STAD
Abstract
This study aims to knowing the increase learning outcomes of social studies in class V using the STAD type cooperative learning model at SD Muhammadiyah Tlogolelo. The type of this research is Classroom Action Research. The results showed that the use of STAD type cooperative learning models can improve social studies learning outcomes of fifth grade students of SD Muhammadiyah Tlogolelo. Improved learning outcomes can be seen from the results of the evaluation of each cycle that was increased. Increased completeness of student learning outcomes in pre-action by 42.85%, the first cycle was 71.42%, and the second cycle was 85.71%. It can be concluded that the use of cooperative learning type STAD can improve the learning outcomes of social studies in class V SD Muhammadiyah Tlogolelo.
Keywords: learning outcomes, STAD type cooperative learning modelsFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.