PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Hana Jihan Atikah,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT  terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Panjatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group desain. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Hal penelitian menunjukan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen yaitu 75 (kategori baik) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata posttest kelompok kontrol yaitu 61,42 (kategori cukup). Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai t hitung 2,095 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,060 (2,095 >2,060) dan nilai signifikansi sebesar 0,046 lebih kecil dari nilai signifikansi sebesar 0,05 pada taraf 5% (0,046<0,05). Berdasarkan hasil uji-t tersebut menunjukan adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian pecahan pada siswa kelas V SD N Panjatan Kulon Progo tahun 2019/2020.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe TGT, hasil belajar matematika

 

Abstract

This research aims to find out the influence of cooperative learning model TGT type to mathematics learning result of 5rd grade students at Panjatan State Elementary School. This research was a quasi experimental design with nonequivalent control group design’s type. The result of the research shows that the mean posttest value of the experimental group that is 75 (good criteria) higher than the mean value of control group posttest that is 61,42 (enough criteria). Based on the result of t-test obtained t value 2,095 bigger than t table equal to 2,060 (2,095>2,060) and significance value equal to 0,046 less than significance value equal to 0,05 at level 5% (0.046<0.05). Based on the result of t-test showed significant influence on cooperative learning TGT type on  multiplication and division of fractions of integer 5th grade students  at Panjatan Kulon Progo Elementary School in year 2019/2020.

Keywords: cooperative learning type TGT, mathematics learning result

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.