PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model cooperative learning tipe think pair share (TPS) mata pelajaran PKn kelas V SD Muhammadiyah Cepitsari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Cepitsari yang berjumalah 26 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa di kelas V SD Muhammadiyah Cepitsari pada mata pelajaran PKn, hal ini terlihat pada siklus I mencapai 30,7% dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus II meningkat menjadi 88,5%. Artinya ada peningkatan sebesar 57,8%. Tindakan penelitian ini dihentikan pada siklus II karena telah memenuhi keriteria keberhasilan yang ditetapkan.
Kata kunci: keaktifan siswa, pembelajaran PKn, cooperative learning tipe TPS
Abstract
The purpose of this research is to increase student learning activeness through cooperative learning model think pair share (TPS) type in civic education of fifth grade SD Muhammadiyah Cepitsari. The kind of research was collaborative classroom action reserch. The research used Kemmis and Taggart design. The subject were 26 students. The techniques of data collection using observation and the techniques of data analysis using quantitative and qualitative descriptive. This research show that learning activeness in civic education had increased by using this learning model. This could be seen that in first cycle the learning activeness in 30,7% and after revision in second cycle in 88,5%. The result illustrated learning avtiveness is increase until 57,8%, the research had reach the standard score and it can been said this research is success.
Keyword: learning activeness, civic education, cooperative learning model TPS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.