MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENINGGALAN SEJARAH INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA RODA JELAJAH
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi peninggalan sejarah Indonesia menggunakan media roda jelajah pada kelas IV SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan model Kemmis and Mc. Taggart dan dilakukan sebanyak satu siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media roda jelajah dapat meningkatkan hasil belajar materi peninggalan sejarah Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta. Peningkatan persentase ketuntasan pada pratindakan-siklus I yaitu sebesar 36,36%.
Kata kunci: roda jelajah Indonesia, IPS
Abstract
This study aims at improving of the learning achievement of Indonesian historical treasure study with Roda Jelajah at 4th grade of Bangunrejo 2 Yogyakarta elementary school. This research used the Kemmis and Mc Taggart model. This research was conducted by one cycle. The finding of the study show that Roda Jelajah can improve the result of Indonesian historical treasure study at 4th grade of Bangunrejo 2 Yogyakarta elementary school. The improving percentage from preaction until first action was 36,36%.
Keywords: roda jelajah Indonesia, IPS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.