PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN DI KELAS V SDIT AL - KHAIRAAT KOTA YOGYAKARTA

Ahmad Dwi Azis,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter religius melalui pembelajaran di kelas V  SDIT  Al-Khairaat  Kota  Yogyakarta.  Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  dan  metode  deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas V, guru kelas V, dan kepala sekolah. Objek penelitian yaitu pendidikan karakter religius melalui pembelajaran  sehari-hari di kelas V. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Hubberman  meliputi  pengumpulan  data,  reduksi  data,  penyajian  data,  dan  penarikan  kesimpulan.  Teknik pengumpulan  data  menggunakan  observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi.  Uji  keabsahan  data  menggunakan teriangulasi  sumber  dan  triangulasi  teknik.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  1)  terdapat  nilai  religius  yang muncul ketika pembelajaran berlangsung yang mencerminkan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungan, 2) perencanaan kegiatan pembelajaran berupa silabus dan RPP yang di dalamnya  memuat  pendidikan  karakter  religius,  3)  pelaksanaan  pembelajaran  dilakukan  berdasarkan  RPP  yang telah dibuat dan diintegrasikan dengan karakter religius melalui pelaksanaan dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan  penutup, 4) kegiatan evaluasi dilakukan melalui penilaian afektif siswa yang dilakukan oleh guru melalui pengamatan sikap siswa.

Kata kunci: Pendidikan karakter, karakter religius, pembelajaran   

 

Abstract  

This  study aims  at  describing  religious character  education  through learning  activities  at the fifth  grade students of SDIT Al-Khairaat Yogyakarta. The research approach is qualitative. The subjects of this study are all of the  the  students  and  two  teachers  at  fifth  grade,  and  the  school  principal  at  that  school.  The  techniques  of  data collection  were  observation,  interviews,  and  documentation.  The  object  of  research  is  religious  character education during learning process in fifth grade. Data analysis techniques were conducted by using  the Miles & Huberman  model.  The  research  showed  that:  1)  religious  value  could  be  seen  in  the  learning  activities  that reflecting the relations between human with God, human with human, and human with nature, 2) learning activities were planned in the form of syllabus and learning program (RPP) wich contain religious character education, 3) the  learning  activities  done  based  on  the  RPP  that  was  made  and  integrated  with  religious  character  through implementation  of  activitiesin  preface,  core  activities,  and  closing  activities,  4)  evaluation  were  done  through student affective assessment by teacher from student attitude observation.

Keyword: Character education, religious character, learning activities 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.