UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER

Muhammad Abu Rizal,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Numbered Head Together sebagai upaya meningkatkan keaktifan belajar pada pembelajaran Matematika Kelas IV SD N Dukuh 1 Sleman tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK yang digunakan adalah desain Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Dukuh 1 Sleman yang berjumlah 13 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan pengamatan, (3) refleksi.  Metode pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keaktifan belajar siswa pada pra siklus 26,67% (kategori sangat kurang), siklus I sebesar 79.22% (kategori baik). Setelah dilakukan perbaikan dari refleksi siklus I, keaktifan belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 91.82% (kategori sangat baik).

Kata kunci: keaktifan belajar, matematika, numbered head together

 

Abstract

This research aims at describing the process of applying Numbered Head Together learning model as effort to increase learning activeness in Mathematics learning of  Grade SD N Dukuh 1 Sleman academic year 2018/2019. This type was classroom action research. The classroom action research design used Kemmis and Mc Taggart. The research subjects were fourth grade students of SD N Dukuh 1 Sleman consist of 13 students. This research consisted of two cycles. Each cycle includes stages: (1) plan, (2) implementation and observation, (3) reflection. Methods of collecting data through observation and interviews. Data analysis technique used descriptive quantitative and qualitative descriptive. Results of the study show that average student learning effectiveness in the pre-cycle is 26.67% (very poor category), the first cycle is 79.22% (good category). After improvement of reflection in first cycle, student learning activeness in  second cycle increase to 91.82% (very good category).

Keyword: learning activeness, mathematics, numbered head together

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.