PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KONSERVASI LUAS DENGAN MEDIA TANGRAM

Wahyu Dimas Nurhermawan,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep konservasi luas melalui penerapan media tangram pada peserta didik kelas 4B SD Panggang, Sedayu, Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 4B SD Panggang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui instrumen tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah 75% dari jumlah peserta didik telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu > 75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep konservasi luas setelah menggunakan media tangram dalam pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sebesar 54% dari jumlah siswa, meningkat menjadi 77% pada siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata sebesar 68,8 kemudian meningkat menjadi 79,8 pada siklus II.

Kata kunci: konservasi luas, tangram


Abstract

This research aims to improve the concept of area conservation using learning media of tangram for the 4th grade students of SD Panggang Sedayu. This research was a classroom action research. The subject of this research were 4th grade students of SD Panggang Sedayu from academic year of 2019/2019 which has consisted of 26 students. The research was based on Kemmis and Mc Taggart model theory. This research was carried out two cycles. The data were collected by doing test. The data analysis technique used were descriptive quantitative techniques. Indicator of success this research was 75% of students have reached the KKM, which is > 75. The result of the research showed that there was an improvement on the concept of area conservation shown by learning outcomes after used tangram. The class score average on the first cycle improve as well from 68,8 to 79,8 on the second cycle. The percentage of the completed scores in class on the first cycle is 54%, it improved to 77% on the second cycle.

Keywords: Area Conservation, tangram


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.