PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL (PWIM) PADA SISWA KELAS I
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan dan hasil keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Sanansari. Keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Sanansari di tingkatkan menggunakan model pembelajaran Picture Word Inductive Model (PWIM). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Sanansari yang berjumlah 21 siswa, dengan 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes keterampilan membaca permulaan dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca permulaan siswa dapat ditingkatkan melaui model pembelajaran PWIM di kelas I SD Sanansari. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan pada proses dan hasil pembelajaran membaca permulaan. Peningkatan proses dapat dilihat dari catatan lapangan dan lembar observasi selama proses tindakan berlangsung, yaitu siswa menjadi aktif dalam pembelajaran dan dapat terkondisikan dengan baik karena minat dan motivasi siswa mulai terbangun. Peningkatan hasil ditunjukan dari pencapaian nilai rata-rata kelas membaca permulaan pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 64,39 pada siklus I meningkat menjadi 69,10 dan pada siklus II meningkat menjadi 74,19. Tingkat pencapaian ketuntasan pada kondisi awal adalah 23,82% pada siklus I tingkat ketuntasan mencapai 52,38%, dan pada siklus II mencapai 76,19%.
Kata Kunci: keterampilan membaca permulaan, PWIM (Picture Word Inductive Model)
Abstract
The research aims at improving the early reading learning process and enhancing of early reading skill of first grade students in Sanansari elementary school. The early reading skills of first grade students in Sannasari elementary school enhanced used Picture Word Inductive Model (PWIM).The type of this research was classroom action research (CAR) conducted collaboratively between reasearcher with the classroom teacher. The subjects of this reasearch were first grade students of Sanansari elementary school, which amounted to 21 students consisting 12 male students and 9 female student. This reasearch uses the Kemmis and Mc Taggart model which consists of three stages, namely planning, action and observation, and reflection. Data collection tehniques in this reasearch used test and field notes. The instruments of data collection used in this reasearch were the early reading skill test and field notes. The tehnical data analysis used descriptive quantitatively and qualitatively. According to the result of the research, the used of Picture Word Inductive Model (PWIM) could improve early reading skills students first grade at Sanansari elementary school. The result is proven by the improvement the process and the mean score. The improvement of the process proven by field notes and observation notes during the action, students are more active and can be mannage because the interest and motivation students are start to improve. The improvement of the result proven by the average value of the pre-cycle, cycle I, and cycle II in a row are 64,39, 69,10 and 74,19. The result of the reasearch also indicates that percentage of student who have passed the early reading mean score also increase from 23,82% to 52,38% in cycle I and 76,19% in cycle II.
Key words: early reading skills, Picture Word Inductive Model (PWIM)
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.