PENGEMBANGAN KARTU BAHASA (KARSA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV

Luthfiana Farida,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan langkah-langkah sistematis pengembangan media Kartu Bahasa; dan 2) menghasilkan produk berupa Kartu Bahasa yang valid dan memiliki kualitas yang tinggi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model Four-D yang dimodifikasi menjadi tiga langkah yaitu define, design, develop. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas IV SD N Sinduadi 1. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Langkah-langkah sistematis pengembangan Kartu Bahasa yaitu, pertama analisis kebutuhan siswa kelas IV SD N Sinduadi, kedua merancang kartu sesuai analisis yang dilakukan kemudian, ketiga dilakukan pengembangan dengan penilaian dari validator ahli dan uji coba terbatas pada siswa kelas IV SD N Sinduadi. Validitas dan kualitas media Karsa dinilai berdasarkan pada penilaian: (1) Ahli materi memperoleh rata-rata skor 4,58 termasuk kategori sangat tinggi; (2) Ahli media memperoleh rata-rata skor 4,25 termasuk kategori sangat tinggi; (3) Penilaian siswa memperoleh rata-rata skor 4,42 termasuk kategori sangat tinggi.

Kata kunci: media pembelajaran, kartu bahasa, membaca pemahaman.


Abstract

This research aims at describing the sistematic steps of developing Kartu Bahasa (Karsa) also produce a valid and high quality of learning media. This research type was Research and Development (R&D) using Four-D model. This research only used 3 stage there were define, design, and develop. The subjects of this research were the 4th grade student. Data collected by observation, interview, and questionnaire. Data analysis techniques used descriptive-quantitative. The sistematic steps of developing Kartu Bahasa were: first analized students need of the 4th grade, second was making design the card due to the analysis, then the third was developing using assesment from validation expert and limited trial for the 4th grade students. Validity and quality media were measured by: (1) Material Expert obtain average score 4,58 which belongs to very high category; (2) Media Expert obtain average score 4,25 which belongs to very high category; and (3) Student assesment obtain average score 4,42 which belongs to very high category.

Keywords: learning media, kartu bahasa, reading comprehension


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.