PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)

Triana Ayu Pangesti,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS menggunakan model Jigsaw dan Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest, non-equivalent multiple-groups design. Penelitian ini menggunakan 2 kelas eksperimen yaitu kelas IV A dan IV C sejumlah 56 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Uji validitas menggunakan Pearson Correlation dan reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Lavene Statistic. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan model jigsaw dan NHT. Hal ini dibuktikan dari uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi pada Sig(2-tailed) sebesar 0,017 < 0,025 dengan taraf signifikansi 2,5%. Nilai rata-rata hasil belajar IPS dengan model jigsaw sebesar 81,89 dan NHT sebesar 74,54. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar IPS dengan model jigsaw lebih tinggi daripada model NHT.

Kata kunci: hasil belajar IPS, Jigsaw, Numbered head Together (NHT)


Abstract

The research aims at finding differences of social studies learning result using Jigsaw and Numbered Head Together (NHT) of 4ᵗʰ grade students. This research used a Quasy Experimental through pretest-posttest, non-equivalent multiple-groups design. This research also used 2 experiment classes there were students of class IV A and class IV C totaling 56 students. The data was collected using test. Pearson Correlation used for validity test while Cronbach's Alpha used for reliability test. Precondition test analysis in this research is a normality test using Kolmogorov-Smirnov and homogenity test through Lavene Statistic. To examine the hypothesis, Descriptive Analysis and Independent Samples T-Test where used. The result of analysis shows there is a significant difference of learning result between group of students using learning model with jigsaw and NHT. This proved from significant result in Sig(2-tailed) of 0,017 smaller than 0,025 with significancy 2,5%. The means value of learning result of social studies using jigsaw is 81,89 and NHT is 74,54. It shows that learning resulf of social studies using with jigsaw are higher than the NHT.

Keywords : learning result of social studies, Jigsaw, Numbered head together (NHT)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.