PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT)

Novi Tri Sulistyowati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Krapyak 1, Sleman tahun ajaran 2018/2019 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Krapyak 1 yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara, soal tes dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Krapyak 1. Berdasarkan tes pada siklus I, nilai rata-rata meningkat dari 63 menjadi 64,14 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 41% menjadi 65%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan, diperoleh nilai rata-rata 72,24 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 65% menjadi 83%.                  

Kata kunci: prestasi belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe TGT

 

Abstract

This research aims to improve social studies learning achievement of fifth grade students of SD Negeri Krapyak 1, Sleman in academic year 2018/2019 using the Cooperative Learning model of the Teams Games Tournaments (TGT) type. The applied type of  this research is a Class Action Research using the Kemmis & Mc Taggart model. The research subjects were fifth grade students of SD Negeri Krapyak 1, amounting to 29 students consisting of 17 male and 12 female students. Data collection techniques used were interview, tests, observations and documentations. The research instruments were interview guidelines, test questions and observation sheets. The data of this study were analyzed by both qualitative and quantitative descriptive. The results of this research indicate that by applying the Cooperative Learning model with the type of Teams Games Tournaments (TGT) can improve social studies learning achievement of fifth grade students of SD Negeri Krapyak 1. Based on the tests in cycle I, the average score increased from 63 to 64.14 with completeness learning also increased from 41% to 65%. In the second cycle, with improvements, an average score of 72.24 with learning completeness also increased from 65% to 83%.

Keywords: IPS learning achievement, cooperative learning model with TGT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.