HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS V

Yossi Atmaja Diyanto,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan konsep diri dengan kemampuan interpersonal, (2) hubungan penerimaan teman sebaya dengan kemampuan interpersonal, (3) hubungan konsep diri dan penerimaan teman sebaya dengan kemampuan interpersonal pada siswa kelas V SD Negeri sekecamatan Pajangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasional. Sampel penelitian sebanyak 186 siswa. Instrumen yang digunakan skala psikologi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konsep diri sebagian besar (76,34%) kategori sedang, penerimaan teman sebaya (67,20%) kategori sedang, dan kemampuan interpersonal (77,96%) kategori sedang, (2) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan kemampuan interpersonal (r:0,506, p:0,00); (3) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara peneriman teman sebaya dengan kemampuan interpersonal (r:0,502, p:0,00);(4) terdapat korelasi yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara konsep diri dan penerimaan teman sebaya  dengan kemampuan interpersonal (R:0,563, p:0,00).

Kata kunci : konsep diri, penerimaan teman sebaya, kemampuan interpersonal

 

Abstract

This study aims to determine (1) the relationship of self-concept with interpersonal skills, (2) the relationship of peer acceptance with interpersonal skills, (3) the relationship of self-concept and peer acceptance with interpersonal skills in fifth grade students of public elementary schools in Pajangan district. This research was correlational quantitative research. The research sample were 186 students. Instruments used the psychological scale. Instrument testing used validity and reliability tests. Data analysis used product moment correlation and multiple correlation. The results show that: (1) self-concept is mostly (76.34%) moderate category, peer acceptance (67.20%) moderate category, and interpersonal skills (77.96%) moderate category, (2) there is positive correlation and significant between self-concept and interpersonal skills (r: 0.506, p: 0.00); (3) there is positive and significant correlation between peer recipients and interpersonal abilities (r: 0.502, p: 0.00); (4) there is positive and significant correlation together between self-concept and peer acceptance with the ability interpersonal (R: 0.563, p: 0.00).

Keywords: self concept, peer acceptance, interpersonal skills


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.