PENINGKATAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE SNOWBALL THROWING

Nur Isdha Meilany,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran IPA melalui pembelajaran kooperatif dengan metode snowball throwing pada siswa kelas IVA SDN Golo Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri Golo yang berjumlah 26 siswa. Data dikumpulkan menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi, deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan variabel rasa ingin tahu adalah minimal 75% siswa mendapat skor ≥75. Hasil menunjukkan persentase ketuntasan rasa ingin tahu mengalami peningkatan dari siklus I 54%, dan siklus II 85%.

Kata kunci: rasa ingin tahu, snowball throwing

 

Abstract

This reseach aims to improve the curiosity of the students in science learning through cooperative learning with the snowball throwing method in 4th A grade students of Golo Elementary School in Yogyakarta. This research was a classroom action research. The research was based on Kemmis and Mc Taggart model theory. The data were collected by doing questionnaires and observations. The data analysis technique used was the triangulation technique, qualitative descriptive. The success criteria for the curiosity variable was at least 75% of students got score of ≥75. The results of the research showed that the percentage of completeness of curiosity increased from the first cycle 54%, and the second cycle 85%.

Keywords: curiosity, snowball throwing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.