HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di Sekolah Dasar se-Gugus Rajawali Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Gugus Rajawali Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo sebanyak 76 siswa dan sekaligus digunakan untuk pengambilan data. Teknik pengumpulan data menggunakan skala karakter konsep diri dan hasil belajar IPS siswa yaitu menggunakan nilai rapot siswa. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di Sekolah Dasar se-Gugus Rajawali Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo dengan sumbangan sebesar 10,7% dan nilai signifikansi 0,004.
Kata kunci: konsep diri, hasil belajar IPS.
Abstract
The aims of this research is to know the correlation between self-concept and student social studies learning outcomes of 5th grade students of elementary school in cluster Rajawali sub district Sukoharjo district Wonosobo regency. This research used the correlation approach with ex-post facto method. the population were the fifth grade of Rajawali cluster in Sukoharjo District Wonosobo Regency Elementary School that consist of 76 students and also used for data collection. For collect data the reseacher used scale of self-concept and student social studies learning outcomes that is used the value of raport. Data analysis techniques used product moment correlation formula. The result showed there is a significant correlation of self-consept and student social studies learning outcomes by amount 10,7% of contribution value and the significant level at 0,004.
Key words: self-concept, learning outcomes
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.