UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Titis Nurhidayati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran tematik bermuatan IPA melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek siswa kelas V SD Sendangsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan skala, observasi, dan tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa. Kriteria keberhasilan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa adalah rerata kelas memperoleh skor ≥75. Hasil penelitian menunjukkan rata –rata motivasi belajar pada pra siklus 66,57% , siklus I 74,87%, dan siklus II 77,51. Pemahaman konsep siswa juga meningkat dengan rata-rata pada pra siklus 58,96, siklus I 72,71 dan siklus II 80,10.

Kata kunci: motivasi belajar, pemahaman konsep, model pembelajaran berbasis proyek.

 

Abstract

This research aims to improve learning motivation and student’s understanding of concepts in thematic learning of natural sciences through the application of project-based learning models of 5th grade students of Sendangsari Elementary School. The research type was classroom action research (CAR). The design used a model by Kemmis and McTaggart. Data collection techniques used scale, observation, and description tests. The data analysis technique used descriptive quantitative. The research subjects in total of   24 students. The criteria of succes relates to the average score of student motivation   and student’s understanding ≥75. The result showed the average score of leaening motivation from the pre-cycle is 66,57% in the first cycle is 74,87%, and the second cycle is 77,51%. The percentage average of the student’s understanding from pre-cycle is 58,96, the first cycle is 72,71 and the second cycle is 80,10.

Keywords: learning motivation, understanding of concepts, project-based learning models


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.