PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG

Desynta Nugraheni,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa untuk pembelajaran menulis tegak bersambung yang layak digunakan untuk siswa kelas II SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian RnD, dengan subjek penelitian berjumlah 2 dosen dan 41 siswa. Desain penelitian menggunakan Borg&Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Kriteria kelayakan LKS menulis tegak bersambung adalah rerata hasil penilaian minimal memperoleh skor ≥ 3,4. Kriteria kelayakan LKS termasuk dalam kriteria sangat baik (≥4,2). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor penilaian akhir validasi ahli materi 5,00 (sangat baik), skor penilaian rata-rata ahli bajan ajar 5,00 (sangat baik), uji coba awal 4,9 (sangat baik), uji coba lapangan utama dengan skor 4.60 (sangat baik), dan uji lapangan operasionl dengan skor 4,54 (sangat baik). Oleh karena itu LKS dianggap layak untuk pembelajaran di kelas II SD.

Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Keterampilan menulis, tegak bersambung


Abstract

This research aim to developing the students worksheets to cursive handwriting learning in 2nd grade of 1 Kotagede Yogyakarta elementary school. The type of the research was R&D research. The subjects of the research were 2 lecturers and 41 students. This research design used Borg&Gall. Data collection techniques used questionnaires, interviews, and observations. Data analysis techniques used qualitative and quantitative. The eligibility criteria for cursive handwriting worksheets was the average score of a minimum score of ≥ 3.4. The eligibility criteria for worksheets were included in very good criteria (≥ 4,2). The results showed the average score of the final assessment validation material experts was 5.00 (very good), the average assessment score teaching materials expert was 5.00 (very good), the initial test with a score of 4.9 (very good), field trials main with a score of 4.60 (very good), and operational field test with a score of 4.54 (very good). Therefore, cursive handwriting worksheets was considered appropriate for learning in 2nd Grade Elementary School.

Keywords: Student’s worksheet, writing, cursive writing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.