IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB

Alfiah Nurul Utami,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab bullying pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) faktor individu berupa sikap yang terlalu pendiam dan konsep diri yang rendah membuat siswa berpotensi menjadi korban bullying; (2) faktor sekolah (iklim sekolah) yang negatif mendukung bullying yang terjadi; (3) faktor keluarga yang kurang harmonis menyebabkan siswa memiliki konsep diri yang rendah; (4) faktor pertemanan yang tidak sehat akan menyebabkan siswa berpotensi menjadi pelaku bullying.

Kata kunci : bullying, faktor-faktor, siswa

 

Abstract

This study aims at identifying bullying causative factors of a primary school student. The collecting data techniques that used were partisipative observation, in-depth interview, and documentation. Then condesation, display and conclusion/verification techniques were used to analyze data. The validity test that used were resources and techniques triangulations.The results of this research show; (1) the family factor which is inharmonic made the student got a low self-concept; (2) It can set the individual factor that will make a student potential to be a bullied; (3) the  negative school climate supports bullying among the academic environtment; (4) the unhealthy peers can affect the student to be a bullies.

Key words: bullying, factors, student


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.