UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DENGAN REWARD STICKER PICTURE DI KELAS III

Novi Dwi Astuti,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan karakter disiplin sisiwa kelas III SD Negeri 1 Sekarsuli Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul dengan menggunakan reward sticker picture. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan subjek penelitian siswa kelas III. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart . Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan karakter disiplin siswa kelas III SD Negeri 1 Sekarsuli. Karakter disiplin siswa dapat meningkat reward sticker picture. Peningkatan karakter disiplin siswa dapat dilihat dari hasil observasi dan angket. Hasil observasi menunjukan adanya peningkatan 18,4%  siswa berkategori tinggi dari siklus I ke siklus II. Sementara, hasil angket menunjukan adanya peningkatan sebesar 21,1 % siswa berkategori tinggi dari siklus I ke siklus II. 

Kata kunci: karakter disiplin siswa, reward sticker picture

 

Abstract

This research aims at improving the discipline character of the 3rd grade students of SD Negeri 1 Sekarsuli through reward sticker picture.This research was collaborative classroom action research. The subjects of the research were grade III. This research used the Kemmis and Mc Taggart models. The results of the research show that reward sticker picture is able to improve 3rd grade student discipline character at SD N 1 Sekarsuli. The improvement can be seen through reward sticker picture. The observation and questionnaire result indicate the improvement. The observation result implied that the high categorize students improve by 18,4%. Meanwhile, the questionnaire show improvement by 21,1%.

Keywords: students’discipline chararter, reward sticker picture

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.