MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

Alif Insan Ramadhan,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas III SDN Ringinsari Sleman. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Ringinsari yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match nilai rata-rata meningkat dari 66,78 menjadi 85,89 dan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 39% menjadi 100%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat dari 85,89 menjadi 90,35 dengan ketuntasan belajar yaitu 100%. 

Kata kunci: hasil belajar matematika, Make A Match.

 

Abstract

This research aims at improving 3rd grade students’ achievement in mathematics using Make A Match model in Ringinsari elementary school. This is classroom action research adapted from Kemmis and Mc Taggart model. The subjects of this research were 28 students of 3rd grade Ringinsari elementary school. The data collecting techniques used in this research were test and observation. The implementation of Make A Match model could improve students’ learning achievement. In cycle I, after using Make A Match model, the average score increase from 66,78 to 85,89 with the learning mastery which also increase from 39% to 100%. In cycle II, the average score were 90,35 with 100% learning mastery. 

Keywords: students’ achievement, Make A Match.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.