PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SD MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK

Aryo Danang Wicaksono,

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca menggunakan media big book siswa kelas 3 SD Negeri Tambran 1. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis&Mc Tagggart. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keterampilan membaca siswa, meningkat. Berdasarkan tes pada siklus I setelah menggunakan media big book nilai rata-rata meningkat dari 74,95 menjadi 79,86 dengan ketuntasan keterampilan membaca juga meningkat dari 63,64% menjadi 81,82%.

Kata kunci:keterampilan membaca, penggunaan media big book.

 

Abstrack 

This reseach aims at improving reading skill applying big book usage in 3rd grade students at SD Negeri Tambran 1. This classroom action research used Kemmis and McTaggart model. This research involved 22 students. The research instruments were in form of tests and observation sheets. The research data were analyzed using qualitative and quantitative descriptive method. Based on the research that has done, the results show that:the reading skill of 3rd grade students are improved. Based on the test of first cycle, after using the big book the average score increase from 74,95 to 79,86 with the mastery of reading skill which also increase from 63,64% to 81,82%.

Keywords:skill, reading, big book usage


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.